Tipe Bos FEELING yang memiliki kecerdasan yang
merujuk pada perasaanya yang membuat orangnya bertenggang rasa, bijak,
demokratis, populis, bersahabat, suka delegasi, fokus pada orang, dan
memimpin. Kelemahannya adalah moody (angin-anginan), malas mikir, dan
kadang subjektif.
1. Prinsip pertama untuk menaklukkan
setiap BOS adalah selalu masuk melalui Mesin Kecerdasannya (MK).
v Dia itu lebih sering pakai
hati/perasaan daripada pakai kepala (fikiran), jadi senangkan hatinya, buat dia
nyaman bekerja denganmu. Biasanya dia ingin dihargai. Dia cenderung menyukai sanjungan dan
kehormatan, sehingga pujilah ia
sesekali. Dia juga cenderung sensitif.
Sedikit saja ucapan atau tindakan yang anda lakukan terhadapnya salah, sudah
cukup untuk merontokkan hatinya. Jika perasaan bersalah itu menumpuk dia pun
akan menganggap Anda negatif. Apabila bos anda melakukan langkah atau
perbuatannya yang salah. Anda mengingatkannya dengan cara yang santun sampai
dia menyadari akan kekeliruannya tersebut. Dia akan mencari cara-cara untuk
mengingatkan Bossnya sehingga dia tidak tersinggung atau kehilangan muka. Anda
harus hati-hati dalam mengingatkan Boss, karena jangan sampai salah terima, kalau
gegabah bisa-bisa jadi lain masalahnya.
v Dia juga punya kemampuan diplomasi
yang baik dalam mendelegasikan pekerjaan, jadi sebaiknya latih komunikasi
verbal agar anda mampu berkomunikasi dengan baik sehingga target dan rencana
kerja atasan bisa kita penuhi dengan baik. Dia itu pandai merayu, kalau dia
mulai bermanis kata, artinya dia akan delegasikan pekerjaannya ke anda. Katakan kalau Anda ingin melakukan yang
terbaik dan akan lebih mudah melakukannya jika kondisi lingkungan mendukung.
v Dia itu mendelegasikan atas
kepercayaan, maka jaga amanahnya, berikan hanya yang terbaik Menganggap tugas
yang diberikan oleh atasan sebagai suatu kepercayaan. Bawahan yang mengesankan
Bossnya akan selalu ceria dan senang walaupun mendapat tugas dan pekerjaan yang
cukup banyak, semakin banyak semakin senang karena merasa mendapatkan
kepercayaan. Karyawan yang baik seperti ini kalau diberi tugas cepat
diselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Dalam bekerja dia hanya berpikir
bagaimana cara memaksimalkan potensi dirinya untuk mengimbangi kepercayaan yang
telah diberikan oleh atasannya. Dia akan berusaha bagaimana untuk tidak
“mencederai” kepercayaan tersebut.
v Dia itu flamboyan, suka tebar
pesona, fansnya banyak, maka jadilah fans terdekatnya. Dia itu menghargai
persahabatan, jadi jangan jaga jarak dengannya jadilah sahabatnya. Dia memiliki
kebutuhan besar untuk dihargai dan dicintai. Jangan pernah mempublikasikan
masalah pekerjaan Anda di depan umum, sebab bos tak akan tahan kehilangan muka
di depan orang lain. Dia itu mementingkan keharmonisan tim, jadi jangan lakukan
apapun yang merusak keharmonisan.
2. Prinsip yg kedua adalah membantu
si BOS dengan melakukan apa yang jadi kelemahannya. Sehingga dia akan selalu
butuh kita.
v Dia itu sering mut-mutan alias moody, jadi harus pandai tentukan kapan
ajukan proposal kapan laporan dan kapan melaporkan kabar buruk dan kapan
mengkritik. Jika ingin mengkritik, kritiklah tindakannya tetapi menyampaikannya
dengan halus dan sopan.. Ada hal yang unik apabila mengajukan proposal saat moodnya jelek, bakal ditolak, apabila
melaporkan kegagalan saat mood nya bagus, dia akan terima.
v Dia itu malas mikir, maka bantu dia berfikir.
Jangan persulit. Sodorkan solusi, bukan masalah.
v Dia itu kadang subjektif, maka
bantu dia melihat data dan faktanya, menimbang semua informasi.
v
Dia
itu motivator ulung, tetapi disisilain kadang harus mencari kawan curhat untuk
memotivasi dia sendiri, jadi apabila di mengajak diskusi atau sharing sebaiknya kita menjadi pendengar
yang baik.
No comments:
Post a Comment